Berstatus PPKM Level 2, Pemkab Purwakarta Genjot Target Percepatan Vaksinasi

PURWAKARTA – Dalam percepatan vaksinasi, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus berupaya mengejar target capaian secara nasional sebanyak 70 persen dosis satu dan 50 persen vaksinasi untuk warga lanjut usia (Lansia).

Untuk mendukung hal tersebut, masyarakat Purwakarta diharapkan dapat dipermudah akses dan jangkauannya sehingga seluruh lapisan masyarakat bersedia mengikuti program vaksinasi.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela-selat giat monitoring vaksinasi lansia dan masyarakat umum di Kampung Tegal Jati, Desa Cibodas, Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Senin 6 Desember 2021. Dalam kegiatan tersebut, Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta itu juga berkesempatan membagikan bantuan beras welas asih kepada para lansia di wilayah tersebut.

“Kita melaksanakan percepatan vaksinasi untuk lansia targetnya adalah 250 orang lansia, tadi sudah dimulai mudah-mudahan semuanya bisa dilaksanakan dan semuanya sehat kemudian mencapai target,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, untuk mencapai target vaksinasi secara nasional Pemkab Purwakarta masih menyisakan target sekitar tiga persen lagi dari target 50 persen vaksinasi lansia dan 70 persen vaksinasi dosis satu. “Hari ini, kita berkesempatan monitoring di Desa Cibodas, Kecamatan Bungursari dan beberapa titik lain seperti di Kecamatan Jatiluhur, Sukatani,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan Irmendagri 63 tahun 2021, Kabupaten Purwakarta terkoreksi assessment menjadi berstatus PPKM Level 2, dengan catatan capaian vaksinasi lansia sudah mencapai 40 persen sesuai dengan target dari pusat. “Namun demikian, kita akan genjot terus targetnya hingga mencapai 70 persen untuk dosis satu hingga pertengahan Desember 2021 ini. Termasuk untuk target vaksinasi lansia harus mencapai 50 persen,” tuturnya.

Sebelumnya, Ambu Anne juga telah melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi di Desa Sukatani, Desa Cijati Maniis, Desa Gunung Karung, Desa Sinargalih, dan Desa Ciramahilir, Kecamatan Maniis.

Ia juga menekankan masih diperlukan adanya edukasi terkait program vaksinasi atau dengan sistem jemput bola vaksinasi ke kediaman para lansia seperti di Kecamatan Purwakarta Kota.

“Berbagai upaya telah kami lakukan bersama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa dan kelurahan, termasuk para tenaga kesehatan yang tetap bekerja walaupun pada masa libur termasuk hari Sabtu dan Minggu,” kata Ambu Anne.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada Para Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta dan para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dengan sepenuh hati untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!
%d blogger menyukai ini: