Cegah Penularan, Pemkab Purwakarta Lakukan Vaksinasi Covid-19 Pada ODGJ

PURWAKARTA – Menyusul masih tingginya kasus penularan virus corona. Pemkab Purwakarta lakukan vaksinasi Covid-19 pada 35 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah tersebut.

Sekda Purwakarta, Iyus Permana, mengatakan, pelayanan kesehatan terhadap ODGJ ini, atas kerja sama dengan RS Jiwa Marzoeki Mahdi, Bogor. Adapun pelayanannya, meliputi pemeriksaan, pengobatan dan juga vaksinasi.

“Hari ini, ada 35 ODGJ yang sudah kita beri vaksinasi Covid-19,” ujar Iyus, di Gor Purnawarman, Selasa 22 Juni 2021.

Menurut Iyus, pemeriksaan kesehatan terhadap ODGJ ini sangatlah penting. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti saat ini. Apalagi, ODGJ ini memiliki komorbid yang berbeda dengan masyarakat sehat pada umumnya. Karenanya, jika mereka terpapar Covid-19, maka akan berbahaya. Serta, bisa menular kepada keluarga yang mengurusnya.

Dengan demikian, sambungnya, ODGJ menjadi prioritas sasaran penerima program vaksinasi. Mengingat, mereka sangat sulit untuk menerapkan prokes. “Kami berharap, dengan vaksinasi terhadap ODGJ ini bisa meminimalisasi penularan Covid-19,” ujar Iyus.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, ODGJ yang baru terdaftar mencapai 3.336 orang. Sedangkan, data lama ada 4.611 orang. Adapun ODGJ yang dipasung, jumlahnya 13 orang. Pemkab, akan mencari solusi bagi ODGJ yang dipasung ini, supaya bisa dirawat secara kemanusiaan. (*)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!