Idul Adha dan Momentum Membangun Kepedulian Sosial

PURWAKARTA – Momentum perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan pengingat pengorbanan Nabi Ibrahim yang paling besar dalam sejarah umat manusia, hal itu membuat Ibrahim menjadi seorang Nabi dan Rasul yang Agung.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada Shalat Idul Adha 1443, Minggu 10 Juli 2022, di Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta.

Menurutnya, momentum Idul Adha kali ini beriringan dengan peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-191 dan Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-54.

“Dalam rangka membangun kepedulian sosial di kalangan ASN Pemkab Purwakarta juga melaksanakan kurban yang tersebar pada setiap Perangkat Daerah dan akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta untuk senantiasa mendoakan saudara, keluarga, sanak dan handaitolan yang sedang menjalankan Ibadah Haji di Baitullah. Semoga para jamaah Haji khususnya jamaah Kabupaten Purwakarta mendapatkan gelar Haji Mabrur dan Mabruroh dari Allah SWT.

“Atas nama pribadi, keluarga beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta, saya¬† mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin, atas segala kealfaan dan kekhilafan sebagai insan yang tak luput dari kesalahan dan lupa. Semoga kita semua senantiasa berbagi kebahagiaan terhadap sesama,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengatakan, semoga niat berkurban yang dilakukan akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan memberikan nilai manfaat bagi yang menerimanya.

“Dengan semangat berkurban akan meningkatkan kesalehan sosial di tengah-tengah masyarakat yang sedang menghadapi kesulitan secara ekonomi, yang berdampak pada daya beli masyarakat terhadap kebutuhan protein hewani,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang sudah masuk sampai Sabtu 9 Juli 2022 sore, jumlah hewan kurban dari ASN se-Kabupaten Purwakarta yang terkumpul adalah; sapi sebanyak 357 ekor dan 227 ekor domba. Untuk Hewan kurban dari kecamatan dan Puskesmas sebanyak 10 ekor sapi dan 37 ekor domba.

“Semoga Allah SWT mencatat niat bapak dan ibu termasuk keluarga besar ASN Kabupaten Purwakarta sebagai ibadah,” demikian Ambu Anne.

Diketahui, pada shalat Ied yang digelar di Masjid Agung Baing Yusuf itu, tampak hadir Al Mukarrom KH. Marfu Muhyiddin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Purwakarta, Staf Ahli, Asda, Kepala Perangkat Daerah, Para Kabag di lingkungan Setda, Para Alim Ulama, Kiayi, Sepuh Pini-Sepuh, Ketua DKM beserta Jajaran Pengurus Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta, dan Para Jamaah Shalat Idul Adha. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!
%d blogger menyukai ini: