Pemkab Purwakarta Raih Penghargaan Pengelolaan KIM Terbaik di Jawa Barat

PURWAKARTA – Pembinaan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di wilayah tersebut akhirnya berbuah manis. Pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati Anne Ratna Mustika itu, tahun 2021 ini dinyatakan sebagai Pemda pengelola KIM terbaik di Jawa Barat.

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat, di Saung Angklung Udjo, Bandung, Selasa 21 Desember 2021 lalu.

Dalam sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, demi meningkatkan literasi digital di tengah masyarakat, Pemprov Jabar melaksanakan kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat atau disingkat VIRAL. Pada kegiatan ini juga terdapat pemberian penghargaan bagi yang bekerja keras dalam mengaplikasikan digitalisasi.

“Kami memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah bekerja keras menjadikan Jawa Barat akseleratif melompat dalam kualitas peradaban digital. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada para insan literasi yang telah berjuang memberikan kontribusi dalam pelayanan informasi dan literasi digital kepada masyarakat,” kata Kang Emil.

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi pada Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Sri Budiyanti dalam keterangannya mengatakan, sebelumnya Pemkab Purwakarta melalui Diskominfo juga telah meraih penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2021 pada kategori Terpopuler di Media Digital 2021. “Alhamdulillah, kemarin kita juga telah menerima penghargaan sebagai Pemda dengan pengelolaan KIM terbaik di Jawa Barat,” kata Mba Ati, begitu ia kerap disapa, Rabu 22 Desember 2021.

Menurutnya, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. Dan salah satu peran kelompok masyarakat ini adalah untuk meminimalisir dan menangkal berita-berita bohong atau hoaks,” kata Ati.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran KIM dalam penyampaian informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Diskominfo terus melakukan upaya-upaya pembinaan terhadap kelompok masyarakat tersebut.

“Selain melakukan sosialisasi dan peningkatan kapasitas pada KIM. Diskominfo Purwakarta juga telah menggelar bimbingan teknis pengembangan dan  peningkatan kreativitas jurnalistik dan content creator bagi para anggota KIM atau sering disebut Kimers,” kata Mba Ati.

Terpisah, Ketua KIM Kecamatan Maniis, Deni Yusuf mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya-upaya pembinaan yang telah dilakukan Pemkab Purwakarta kepada KIM. Namun demikian, pengelola web KIM Maniis Harmonis itu juga mengatakan, pembinaan Pemda untuk para  Kimers yang ada di kecamatan-kecamatan masih harus terus di tingkatkan dari sisi peningkatan kapasitas SDM dan anggaran operasional pengelolaan media sosial KIM.

“Sebelumnya kami sudah mengikuti sosialisasi dan seminar peningkatan kapasitas dalam hal jurnalistik. Selain itu, kami para Kimers juga telah diikutsertakan dalam kegiatan bimtek tentang kelompok informasi masyarakat dan secara umum dapat pengetahuan tentang konten teks dan visual audio. Upaya-upaya pembinaan berupa seminar, sosialisasi atau bimtek yang digelar Diskominfo Purwakarta sangat bermanfaat bagi para Kimers,” demikian Deni Yusuf. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!
%d blogger menyukai ini: