Pemkab Purwakarta Serahkan Bantuan Budidaya Domba dan Ikan Lele

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menyerahkan bantuan kepada masyarakat untuk budidaya ternak.

Bantuan yang diberikan yakni untuk budidaya domba (budidomba) sebanyak 7 ekor, budidaya ikan dalam ember (budiklamber) sebanyak 700 paket, sarana prasarana budidaya ikan air tawar 7 paket, ikan hias 2 paket serta sarana unit pembenihan masyarakat (upm) 9 paket.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Kadis Peternakan dan Perikanan yang secara simbolis digelar di Kecamatan Wanayasa, Jumat 6 Agustus 2021.

Ambu Anne mengatakan bantuan sebanyak 7 ekor domba diberikan kepada kelompok gembala atau peternak di Desa Sukadami, Kecamatan Wanayasa.

Adapun bantuan sebanyak 700 paket budidaya ikan lele dalam ember (budiklamber) diberikan kapada sekitar 300 keluarga atau penerima yang mana 200 keluarga di antaranya menerima 2 ember paket budidaya lele yang bermanfaat untuk penanganan stunting di Purwakarta. Bantuan ini sedianya akan disebar di tujuh kecamatan di Purwakarta.

Selain itu, bantuan yang diberikan juga ada berupa sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar sebanyak 7 paket, bantuan sarana dan prasarana ikan hias sebanyak 2 paket, bantuan sarana unit pembenihan rakyat (UPR) sebanyak 9 paket yang dibagikan kepada 100 kelompok keluarga.

“Kita memberikan bantuan bibit ikan untuk dijadikan indukan kepada kelompok anak muda yang punya keinginan beternak ikan. Ini sangat luar biasa mudah-mudahan sukses membudidayakan dan programnya akan terus kita lakukan,” ujarnya.

Ambu Anne mengungkapkan bantuan tersebut diberikan kepada anak-anak muda di Kabupaten Purwakarta yamg mempunyai minat menjadi pembudidaya. “Terutama ikan nila yang menjadi ciri khas Purwakarta, kita punya ikan nila ras Nirwana ini merupakan ikan khas Wanayasa, yang sudah menjadi indukan unggul,” ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan bantuan budidaya yang diberikan baik domba dan ikan dapat berkembang dan pada gilirannya dapat memenuhi kebutuhan protein keluarga. “Untuk ibu-ibu rajin memelihara lelenya, kalau sudah besar bisa dikonsumsi untuk pemenuhan protein keluarga,” ujarnya.

Selain menunjang program penanganan stanting, bantuan tersebut diharapkan juga dapat membantu warga yang terdampak Covid-19 di Purwakarta.

Sebelumnya, dalam agenda Jumat Berkah bersama TP PKK dan DWP Kabupaten Purwakarta. Bupati Purwakarta juga menyempatkan untuk mengikuti kegiatan di Kelurahan Cisereuh untuk bersilaturahmi dengan warga di sana, sekaligus memberikan beberapa paket nasi kotak untuk sarapan. “Semoga bermanfaat. Tetap disiplin dalam menerapkan prokes, dan jangan lupa berdo’a agar kita dihindarkan dari penyebaran Covid-19. Salam sehat untuk semuanya,” demikian Ambu Anne. (*)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!