Pengurus DPC APDESI Purwakarta Dikukuhkan

PURWAKARTA – Musyawarah Cabang ketiga Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Purwakarta yang digelar pada 09 Februari 2022 lalu telah menetapkan, Tatang Taryana sebagai ketua terpilih DPC APDESI Kabupaten Purwakarta.

Setelah kepengurusan wadah organisasi para kepala desa itu selesai disusun, hari ini, Minggu 27 Maret 2022 bertempat di Kampung Pasir Karet, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Organisasi yang dipimpin oleh Kepala Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari itu menggelar prosesi pelantikan pengurus untuk masa bakti 2022-2027.

Dalam giat pelantikan, nampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkompinda Kabupaten Purwakarta lainnya, Ketua DPD APDESI Jawa Barat Dede Kusdinar, Sekjen DPP APDESI Anwar Sadat, Kepala DPMD, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan pelantikan APDESI yang dilakukan di Desa Sumurugul dan berlokasi di tengah pemukiman masyarakat desa.

“Kepala Desa harus mengimbangi perkembangan seluruh program pemerintah pusat, apalagi sistem digitalisasi sekarang harus bisa dilakukan sebaik-baiknya. Semua tercatat secara digital sehingga track recordnya terpantau,” kata Ambu Anne.

Ia juga berharap kinerja APDESI di Kabupaten Purwakarta dimasa pamdemi saat ini tetap maksimal dan bisa mengakomodir kepentingan masyarakat, membangun desa dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Sementara, Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta, Tantang Taryana mengatakan mengapa pihaknya memilih Desa Sumurugul menjadi tempat pelantikan Apdesi, karena sejatinya rumah APDESI adalah desa.

“Kita bukan tidak bisa kita melaksanakan kegiatan pelantikan di hotel ataupun tempat pertemuan lainnya. Karena ini merupakan salah satu strategi pengenalan kepada masyarakat, bahwa rumah apdesi adalah desa. Sehingga pelaksanaan dilakukan di desa dengan konsep kearifan lokal,” kata┬áTatang.

Menurutntya dengan mengusung kearifan lokal pihaknya berkeinginan APDESI tetap dekat dengan masyarakat, membuka komunikasi dengan seluruh sektor.

“Kami juga berterima kasih kepada Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika, yang terus memberikan support kepada Apdesi dan rencananya Bupati akan memberikan bantuan sepeda motor untuk para kepala desa yang dianggarkan tahun 2023 nanti,” kata Tatang.

Lanjut Tatang, selain acara pelantikan, pihaknya juga menggelar kegiatan bakti sosial. Yakni, kegiatan bedah rumah warga Desa Sumurugul milik ibu Yayah Rodiah.

“Kedepan kami berharap agar Apdesi di Kabupaten Purwakarta lebih tegak dan lebih tinggi dalam memberikan seluruh tenaga dan pikirannya untuk masyarakat dan itu harus dilakukan Kepala Desa, sesuai dengan filosofi Desa Sumurugul yang merupakan salah satu wilayah yang memiliki dataran paling tinggi di Kabupaten Purwakarta,” ujar Tatang.

Ambu Anne Serahkan CSR Sembako di Desa Sumurugul

Sebelum prosesi menghadiri prosesi pelantikan jajaran DPC APDESI Kabupaten Purwakarta, Bupati Purwakarta berkesempatan melaksanakan kegiatan penyerahan CSR Sembako. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Sirodjulwalidain, Kampung Sawah Kidul, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa.

Bantuan paket sembako tersebut berasal dari beberapa perusahaan yang diserahkan kepada forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP), yang kemudian menyerahkannya kepada Pemerintah Daerah untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan “Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat untuk warga masyarakat, khususnya di Pondok Pesantren Sirodjulwalidain Kampung Sawah Kidul, Desa Sumurugul,” kata Ambu Anne. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!