Purwakarta Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

PURWAKARTA – Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Sosial P3A setempat raih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Penghargaan secara simbolis diterima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang di lakukan secara virtual di Aula Janaka, Pemkab Purwakarta, Kamis, (29/7/2021). Purwakarta meraih penghargaan KLA Kategori Pratama bersama 9 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kabupaten Purwakarta yang pertama kalinya hari ini dinobatkan menjadi Kabupaten dan Kota Layak Anak dengan kategori pratama,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, terdapat 24 indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang sudah dievaluasi terdapat pada Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

“24 indikator itu, diantaranya adalah pemenuhan hak anak sudah dievaluasi ke Purwakarta oleh tim penilai dari kementerian, seperti yang sudah dijabarkan yang paling utama dalam pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster,” ujarnya.

Kata Anne, dalam penghargaan yang di dapatkan Pemkab Purwakarta melalui Dinsos Purwakarta ini dari syarat lima klaster sudah dipenuhi seluruhnya, bahkan saat ini untuk Pemkab Purwakarta sendiri sudah terdapat Peraturan Daerah (Perda) layak anak.

“Pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster, Kabupaten Purwakarta sudah memenuhi lima klaster tersebut, yang pertama adalah proses kelembagaan Alhamdulillah Perda kita sudah ada Perda Kabupaten layak anak, ada pembentukan OPD dinas terkait yaitu Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan ibu dan anak,” ucap Anne.

“Yang kedua adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kita terus mendorong anak-anak Purwakarta harus mempunyai akte lahir, kartu tanda anak juga kita dorong, ketiga adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan ini yang paling penting, ada 10 Puskesmas yang sudah ditetapkan dan terakreditasi sebagai Puskesmas yang ramah anak, dan seluruh sekolah juga hampir semua sekolah di semua tingkatan sudah berkomitmen untuk menjadikan sekolah ramah anak,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta didampingi  Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Asep Surya Komara, mengikuti Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 secara virtual, bertempat di aula Janaka.

Peringatan Hari Anak Nasional pada tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat mengangkat tema “Anak Terlindungi, Jabar Juara, Indonesia Maju dengan Sub Tema “Anak Jawa Barat Cerdas, Kreatif, dan Informatif”.

Tema ini diusung sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna rasa semangat yang ada.

Rangkaian kegiatan HAN tingkat Jawa Barat sudah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya webinar pendampingan kreatifitas anak, webinar kewaspadaan keluarga terhadap masa pandemi, penyampaian suara anak di seluruh Jawa Barat, Pelantikan Pengurus Asosiasi Perusahaan Anak Indonesia oleh Gubernur Jabar, Pengukuhan Forum Genre Jawa Barat, serta Lauching Stop Perkawinan Anak Jabar untuk mengurangi angka perkawinan anak. (*)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!