Rotasi Mutasi Pejabat di Pemkab Purwakarta, Siapa Saja yang Bergeser?

PURWAKARTA – Sebanyak 5 Pejabat Eselon II dan 14 Pejabat Eselon III dilantik Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika untuk menduduki jabatan disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Purwakarta. Prosesi pelantikan dilakukan di Bale Nagri, Rabu, 1 Desember 2021.

Kepala Bidang Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Deni Gusdian dalam keterangannya mengatakan, hari ini pada, Rabu, 1 Desember 2021 Bupati Purwakarta, sudah melantik 5 orang pejabat pimpinan tinggi Pratama setingkat Eselon IIB, kemudian 10 orang pejabat administrator setingkat Eselon IIIA, dan 4 orang pejabat administrator setingkat Eselon IIIB.

Kata Deni, untuk mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama ini merupakan hasil dari uji kompetensi yang dilaksanakan oleh panitia seleksi sebelumnya.

Menurutnya, agenda ini merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP 11 Tahun 2017 bahwa untuk rotasi dan mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama harus melewati uji kompetensi dan hasil uji kompetensi ini sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN.

“no dasar pelantikannya adalah rekomendasi dari KASN berdasarkan hasil uji kompetensi, artinya bahwa ibu bupati dalam hal mengambil kebijakan rotasi ini sudah sesuai dengan peraturan dam tidak semena-mena, kemudian ada juga pejabat yang dilantik menjadi Camat dan Inspektur pembantu itu juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat,” ujar Deni.

Kata Deni, dari rotasi dan mutasi ini, terdapat dua OPD yang jabatan kepala dinasnya masih kosong, yaitu Diskominfo dan DPMPTSP Kabupaten Purwakarta.

“Tadi juga disampaikan oleh Ambu Anne, bahwa untuk kedua dinas ini ada kemungkinan diisi dengan seleksi terbuka. Tapi itu juga tentu melihat perkembangan kedepannya, apakah dilaksanakan seleksi terbuka atau diisi kembali melalui rotasi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Tentu, Bupati juga memperhatikan hal tersebut,” kata Deni.

Berkaitan dengan siapa saja pejabat Eselon II yang bergeser atau pindah, Deni mengurai; Kepala BKAD Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha pindah ke BKPSDM mengantikan Asep Supriatna yang sekarang bertugas BAPENDA. Posisi Norman, digantikan oleh Muchamad Nurcahja yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala DPMPTSP.

Sedangkan Kepala BAPENDA Purwakarta, Nina Herlina mengisi jabatan Asda Bidang Pemerintahan dan Kesra dan Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah juga bergeser mengisi jabatan Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum.

Berikutnya, Deni juga menyebutkan 14 nama pejabat Eselon III yang mengisi jabatan baru, diantaranya yaitu; Rahmat Heriansya yang menjabat sebagai Kabag Umum pada Sekretariat DPRD Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat sebagai Sekretaris Dinas Kerasipan dan Perpustakaan, Ai Saidah sebagai Sekretaris BAPENDA, Dadi Sadali sebagai Sekretaris BPKSDM, Ratna Mustika sebagai Irban II Inspektorat Purwakarta, Rudi Hartono sebagai Sekretaris Diskominfo dan Asep Saepudin sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan.

Lalu, yang kedelapan ada nama Dedi Zaenal Arifin sebagai Kabid Penunjang pada RSUD Bayu Asih, Alit Sukandi sebagai Sekretaris DPMD, Agus Permadie sebagai Sekretaris DPPKB, Andi Agung Mappacelly sebagai Kabid Tata Ruang dan Petanahan Dinas Tata Ruang dan Permukiman, Rudiyanto sebagai Kabid Pengairan DPUBMP, Kurnia Prawira Saputra sebagai Kabid Perkebunan dan Hortikultura Dispangcangtan dan yang terakhir ada nama En Setia Setiadi sebagai Camat Maniis. (Diskomifo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!
%d blogger menyukai ini: