Saba Desa Antisipasi Stunting, Ambu Anne Bagikan Beras Nutrizinc

PURWAKARTA – Didampingi Asda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nina Herlina dan Kepala Dispangtan, Sri Jaya Midan beserta jajaran pemerintahan lainnya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kunjungi empat desa pada empat kecamatan berbeda di wilayah Kabupaten Purwakarta, Selasa 04 Januari 2022.

Dalam lawatannya ke Desa Sukatani Kecamatan Sukatani, Desa Sadakarya Kecamatan Darangdan, Desa Pangkalan Kecamatan Bojong dan Desa Babakan Kecamatan Wanayasa itu, Ambu Anne dan jajarannya memberikan bantuan beas welas asih berupa beras nutrizinc.

Kata Ambu Anne, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus melakukan beberapa upaya dalam penanggulangan stunting, dimana Bappelitbangda, Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, DPMD, Dinas PPKB, beserta OPD terkait turut dilibatkan.

“Kami berharap program ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga angka stunting di Kabupaten Purwakarta dapat dikurangi dan ditangani,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, bantuan beras khusus ini diperuntukan bagi anak-anak yang terkena kategori stunting, adapun jenis beras yang diberikan yaitu beras nutrizinc yang mengandung zat besi. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh beberapa perwakilan pada masing-masing desa.

“Ada sebanyak 12 paket untuk Desa Sukatani, 30 paket untuk Desa Sadakarya Kecamatan Darangdan, 25 paket untuk Desa Pangkalan Kecamatan Bojong, dan 13 paket beras untuk Desa Babakan Kecamatan Wanayasa. Adapun paket beras nutrizinc yang diberikan seberat 5 kilogram untuk setiap penerima,” kata Ambu Anne.

Lebih jauh, Mantan Mojang Purwakarta itu juga mengungkapkan, berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, data stunting di Purwakarta menyusut hingga 3,36 persen. Hal ini menunjukkan adanya perubahan angka penurunan angka stunting.

Dalam konteks Purwakarta, lanjut Ambu Anne, penurunan angka stunting dari tahun 2020 ke 2021 cukup signifikan. Dari yang awalnya 41 persen, kini di Purwakarta angkanya menurun menjadi 20,5 persen.

“Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya untuk menurunkan angka stunting dengan adanya komitment bersama 8 OPD terkait. Hari ini saya menyerahkan 1.000 paket beras nutrizinc untuk 1.000 keluarga yang mempunyai anak dengan kategori stunting secara simbolis. Setiap kemasannya terdapat 5 kilogram beras,” kata Ambu Anne seraya berharap agara upaya bersama ini akan menjadikan anak-anak Purwakarta tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat dan tangguh. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!