Skema Pengamanan Nataru dan Mitigasi Penanggulangan Covid-19

PURWAKARTA – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, memantau persiapan personil di jajaran Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat untuk pengamanan. Pantauan tersebut juga dilaksanakan di Pos Lantas terpadu Cikopo, Kabupaten Purwakarta.

Dalam keterangannya, Kapolda Jabar, Irjen Pol. Suntana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan skema untuk proses pengamanan libur Nataru. “Alhamdulillah proses perencanaan sudah kita lakukan sedemikian rupa, untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi selama Natal dan Tahun Baru,” ujar Kapolda, Rabu 22 Desember 2021.

Kapolda mengungkap, beberapa pospam dan poscam sudah dirikan,baik di sepanjang jalur arus lalulintas maupun ditempat wisata dan tempat keramaian. “Level PPKM kita sudah bagus dalam angka vaksinasi Covid-19, namun saya menghimbau kepada masyarakat kalau memang tidak terlalu penting kita tak usah keluar rumah untuk menghindari kerumunan,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya Kapolri meminta komitmen dari jajaran Provinsi Jawa Barat, dari mulai Pangdam, Kapolda dan jajaran pemerintah daerah untuk fokus memberikan pelayanan dan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru. “Kita tetap menjaga soladiritas antara TNI dan Polri terkait dalam mengolah setiap persoalan di Jawa Barat,” ujar Kapolda.

Sementara untuk jumlah pasukan pengamanan gabungan, Kapolda mengungkap, pihaknya tengah menyiapkan semaksimal mungkin. “Untuk jumlah pasukan gabungan dengan dibantu teman-teman TNI, itu kita turunkan semaksimal mungkin dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Kapolda.

Dalam agenda yang sama, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika tegaskan tak ada pembatasan di wilayah Purwakarta maupun destinasi wisata. “Sesuai dengan kondisi hari ini, PPKM level 3 kan sudah tidak diterapkan. Kita sudah koordinasi dengan seluruh stake holder untuk melakukan skenario pengamanan,” ujar Anne ketika diwawancara usai menyambut kunjungan Kapolri di Pos Lantas Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Rabu (22/12/2021).

Ia mengungkap, pihaknya juga akan menerapkan pemantauan protokol kesehatan ditempat wisata. “Kalau pembatasan tentu tidak, paling hanya akan diterapkan protokol kesehatan. Dan itu sudah kita sosialisasikan,” kata dia.

Bahkan jika diperlukan, pihak Pemkab Purwakarta juga bakal menyediakan gerai vaksin di tempat-tempat wisata yang menjadi aset Pemkab. Mengenai skema ibadah Natal, Bupati menjelaskan pihaknya juga sudah rapat dengan panitia Misa untuk penyelenggaraan ibadah Natal.

Pihak panitia sudah melaporkan, telah menyiapkan serangkaian prosedur untuk penyelenggaraan ibadah Natal. “Itu sudah kita bahas dengan panitia Misa, mereka menyiapkan rangkaian ibadah sesuai dengan protokol kesehatan. Baik yang hadir secara langsung atau virtual,” ucapnya.

Sementara, berkaitan dengan Aparatur sipil negara (ASN) di Purwakarta, Bupati Purwakarta melarang liburan dan bepergian keluar daerah selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Hal itu berdasarkan Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021. “Sudah ada surat edaran dari tanggal 24 Desember sampai tanggal 2 Januari 2022 tidak boleh ambil cuti, ambil liburan,” ujar Ambu Anne.

Selain tidak boleh cuti dan libur, Anne mengungkap, bepergian ke luar kota termasuk kunjungan kerja juga tidak diperbolehkan. “Mereka juga tidak boleh keluar kota termasuk kunjungan kerja, jika kedapatan ASN lain yang datang ke Purwakarta, petugas juga akan menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata dia.

Jika ASN Purwakarta melanggar aturan tersebut, Anne mengungkap. Pihaknya akan menerapkan sanksi sesuai aturan yang berlaku. “Tentu ada sanksi indispliner, dari yang paling ringan sampai yang terberat,” ucapnya. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Maaf klik kanan di Nonaktifkan !!!
%d blogger menyukai ini: