Berita Purwakarta

Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten di Purwakarta

PURWAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta mengadakan Seleksi dan Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten yang diikuti oleh 17 kecamatan, masing-masing diwakili oleh satu desa, pada Jumat (14/6). Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Potensi Desa, Yayah Rodiah Kartobi, menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai sejak 10 Juni 2024 dan bertujuan untuk mengukur serta meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu di Purwakarta.

“Kita melaksanakan kegiatan lomba Posyandu ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 53 tahun 2007 tentang pedoman pembentukan kelompok kerja operasional Pokjanal Posyandu dan menindaklanjuti sudah terdiri atas pemerintah Provinsi Jawa Barat yang tertanggal pada tanggal 22 Mei 2024,” ungkap Yayah. Tahun ini, lomba mengusung tema “Peran Pokjanal Posyandu dalam Mewujudkan Posyandu Center of Excellence,” yang diharapkan bisa menjadikan Posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan berperan dalam penurunan angka stunting di Purwakarta.

Yayah juga menjelaskan bahwa Posyandu Center of Excellence adalah Posyandu yang terintegrasi dengan berbagai OPD terkait, seperti DPPKB untuk ketahanan keluarga, Dinas Pendidikan untuk kegiatan PAUD, dan Dinas Kesehatan untuk pelayanan kesehatan.

Penilaian lomba dilaksanakan secara maraton dari tanggal 10 hingga 14 Juni, melibatkan tim penilai dari Dinas Kesehatan, PKK, dan DPMD. Selain itu, Purwakarta juga sedang menunggu hasil Lomba Desa dan Lomba Kelurahan di tingkat provinsi.

Dengan kegiatan ini, DPMD Purwakarta berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu dan memastikan bahwa pelayanan kesehatan di Purwakarta semakin baik dan terintegrasi. (MD-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: