Berita Purwakarta

Bupati Purwakarta Ucapkan Selamat Iduladha dan Ingatkan Pentingnya Kesadaran Sosial

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengucapkan selamat Iduladha 1445 Hijriyah dan selamat menunaikan ibadah kurban kepada seluruh umat Muslim di Kabupaten Purwakarta. Pesan ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, saat pelaksanaan Shalat Iduladha di Masjid Agung Baing Yusuf pada Senin, 17 Juni 2024.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Purwakarta, perkenankan saya mengucapkan selamat Iduladha 1445 Hijriyah dan selamat menunaikan ibadah kurban kepada segenap kaum Muslimin dan Muslimat di Kabupaten Purwakarta,” ujar Benni Irwan.

Benni Irwan menjelaskan bahwa Idul Adha memiliki kaitan erat dengan pelaksanaan ibadah haji yang sedang dilaksanakan umat Muslim di seluruh dunia. Tahun ini, Kabupaten Purwakarta memberangkatkan 800 calon jemaah haji.

“Ibadah haji adalah sarana komunikasi antara hamba dengan Khaliknya, serta menjadi kesempatan penting bagi setiap Muslim untuk melatih nilai spiritual dan kesalehannya. Hasil ibadah haji yang sukses adalah kedamaian batin dan nilai-nilai kejujuran, saling menghormati, kemurahan hati, kebaikan, pengampunan, belas kasih, dan empati,” kata Benni Irwan.

Lebih lanjut, Benni Irwan menekankan pentingnya ibadah kurban sebagai bentuk pengabdian dan pengorbanan yang dilandasi ketakwaan kepada Allah SWT dan solidaritas antara sesama umat Muslim. “Ibadah kurban bertujuan untuk menjaga fitrah umat Islam agar tetap suci. Mari kita ambil hikmah dan pesan dari ibadah haji dan kurban untuk diaktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari demi Purwakarta yang lebih baik,” ungkapnya.

Benni Irwan juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Purwakarta atas dukungan dan partisipasinya dalam setiap program pembangunan daerah. Ia mengingatkan beberapa isu yang perlu mendapat perhatian, antara lain perubahan cuaca yang tidak menentu dan potensi bencana alam, serta meningkatnya kasus penyakit menular seperti tuberculosis (TBC).

“Indonesia saat ini berada dalam kondisi gawat darurat TBC. Di Purwakarta, hingga akhir 2023 telah tercatat kurang lebih 5.607 warga yang terjangkit TBC. Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar segera memeriksakan kondisi kesehatan, terutama bagi yang memiliki riwayat sesak nafas,” kata Benni Irwan.

Selain itu, Benni Irwan mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024. “Mari saling mengingatkan dan mengajak sesama kita untuk datang ke TPS dan memberikan suara demi menentukan arah dan pemimpin kita untuk lima tahun mendatang,” pungkas Benni Irwan. (YT-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: