Berita Purwakarta

Dialog Interaktif dengan Pelaku UMKM Purwakarta: Upaya Menyerap Aspirasi dan Solusi Konkret

PURWAKARTA – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., atau yang akrab disapa Zulhas, mengunjungi Kabupaten Purwakarta dan berdialog interaktif dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Didampingi oleh Penjabat (Pj.) Bupati Purwakarta, Benni Irwan, acara ini bertempat di Galeri Menong, Jalan Veteran, Kelurahan Ciseuruh, Kecamatan Purwakarta, pada Jumat (21/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Zulhas menyampaikan apresiasinya terhadap upaya dan semangat para pelaku UMKM di Purwakarta. Ia mencatat berbagai kemajuan yang telah dicapai, termasuk kerjasama dengan ritel modern dan platform online, meskipun belum berjalan optimal.

“Selain ritel modern, pemasaran melalui online juga sudah dilakukan, namun belum optimal. Kita akan tindaklanjuti masalah ini. Problem utama yang dihadapi adalah bahan baku. Oleh karena itu, saya sarankan agar bahan baku dikelola secara berkelompok sehingga lebih mudah diakses. Masalah modal juga menjadi kendala karena sulitnya akses perbankan jika dilakukan secara individu,” ujar Zulhas.

Zulhas menambahkan bahwa pihaknya akan memfasilitasi kolaborasi antara pemerintah daerah dan perbankan untuk membantu para pelaku UMKM. “Kami akan mengundang perbankan, baik untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Pembiayaan Nasional Madani (PNM). Kami melihat semangat dan kerja keras masyarakat yang luar biasa. Ini adalah tugas pemerintah dan DPR untuk membantu, memfasilitasi, dan memberikan arahan kepada mereka untuk mengembangkan usahanya,” tambahnya.

Penjabat Bupati Benni Irwan menyambut baik kunjungan dan dialog interaktif ini. Ia berharap bahwa dengan adanya fasilitasi dari pemerintah pusat, UMKM di Purwakarta dapat berkembang lebih pesat dan menghadapi berbagai tantangan yang ada dengan lebih siap.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Purwakarta, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang, dengan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak. (YT-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: