Membludak, Job Fair Disnaker Purwakarta 2024 Catat 6.680 Pendaftar Online Hari Pertama

PURWAKARTA – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta mengadakan Job Fair 2024. Tercatat sebanyak 6.680 pencari kerja sudah mendaftar secara online pada hari pertama. Tak kalah dengan pendaftar online, ribuan pekerja terlihat memadati Job Fair 2024 yang bertempat di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Alun-alun, Purwakarta, pada Selasa (28/05/2024).

Job Fair tahun ini akan dilaksanakan pada 28-30 Mei 2024 dan diikuti oleh pencari kerja dari Kabupaten Purwakarta. Namun, terdapat sekitar 700 orang dari luar Purwakarta. Setidaknya ada sekitar 1.500 lowongan pekerjaan yang tersedia, dengan partisipasi dari 30 perusahaan untuk penempatan di dalam negeri dan beberapa perusahaan untuk penempatan di luar negeri. Terdapat 762 formasi untuk penempatan di dalam negeri dan 490 formasi untuk penempatan di luar negeri. Selain itu, tersedia juga informasi mengenai magang ke Jepang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, Didi Garnadi, mengatakan bahwa informasi mengenai magang ke Jepang memiliki teknis yang berbeda dengan penerimaan pekerja.

“Ke Jepang itu nanti teknisnya berbeda dengan penerimaan pekerja, karena akan dijelaskan oleh LPK sebagai pembawa informasinya,” kata Didi.

Selain itu, Didi menjelaskan bahwa Job Fair ini tidak dipungut biaya dan ia juga menekankan kepada panitia agar bekerja secara profesional.

“Kita hanya memfasilitasi, jangan sampai ada kesalahan atau apapun bentuk yang bisa merusak integritas. Jadi saya jamin tidak ada pemungutan biaya. Silakan, kita hanya memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pemberi kerja. Untuk selanjutnya, silakan perusahaan punya mekanisme sendiri untuk menyeleksi,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Purwakarta Benni Irwan turut hadir dan membuka Job Fair 2024. Dalam sambutannya, Benni menjelaskan bahwa pemerintah daerah mempunyai keinginan yang sangat besar agar tenaga kerja lokal memiliki kesempatan menjadi SDM yang lebih maju.

“Pemerintah daerah mempunyai keinginan yang sangat besar agar tenaga kerja lokal memiliki kesempatan menjadi SDM yang lebih maju, memiliki daya saing tinggi agar hidup lebih baik dan lebih sejahtera, sehingga tidak terjadi kesenjangan ekonomi dan kecemburuan sosial, apalagi terbukanya kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal di Kabupaten Purwakarta,” jelas Benni.

Benni juga berharap agar lowongan-lowongan kerja yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat Purwakarta.

“Sebenarnya, kita sangat berharap lowongan-lowongan kerja tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Purwakarta, sehingga secara bersama-sama kita dapat mempercepat penyerapan tenaga kerja dan pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran di daerah yang kita cintai ini,” harap Benni. (LA-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

error: Klik Play Streaming
%d blogger menyukai ini: