Purwa Rupa, Pameran Hari Menggambar Nasional Purwakarta 2024

PURWAKARTA – Memperingati Hari Menggambar Nasional 2024, Komite Ekraf Kabupaten Purwakarta menggelar pameran seni rupa bertajuk Purwa Rupa pada Kamis, 23 Mei 2024. Kegiatan pameran lukisan melibatkan 88 seniman perupa dan 150 karya, bertempat di Gedung Creative Center, 23 Mei – 2 Juni 2024, berisikan beragam aktivitas di antaranya lelang karya, workshop pengembangan keterampilan, perfomance art, dan bazar produk Ekraf.

Piki Arto selaku Koordinator Subsektor Seni Rupa Ekraf Purwakarta menuturkan bahwa pada perayaan Mei Bulan Menggambar Nasional tahun 2024 ini, para seniman seni rupa di Purwakarta kembali berpartisipasi dengan mengangkat tema “Purwa Rupa”. Merepresentasikan ide dan kenyataan yang tertuang dalam media karya menjadi satu. Berbagai macam latar belakang dari para peserta pameran purwa rupa menjadi guyub dalam suasana pameran yang hangat dan cukup intim.

“Kegiatan tersebut menjadi bagian perayaan Bulan Menggambar Nasional yang dicanangkan sejak 3 tahun ke belakang dan dirayakan lebih dari 250 komunitas se-Indonesia yang pada tanggal 2 Mei mengadakan deklarasi Hari Menggambar dan Bulan Menggambar Nasional”, jelas Piki.

Di tempat yang sama, Hadi Albulaqi Ketua Komite Ekraf Purwakarta menyebutkan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama 11 hari, dengan berbagai macam rangkaian. Selain itu, kegiatan Purwa Rupa juga menjadi ajang wisata kreatif untuk masyarakat purwakarta dan para pelajar khususnya karena terbuka untuk umum dan gratis.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disipusda) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna secara resmi membuka kegiatan Purwa Rupa. Turut hadir perwakilan Forkopimda, Kepala Disporaparbud Purwakarta Mohamad Ramdhan, Rudy Aliruda Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Purwakarta, anggota DPRD Purwakarta Zusyef Gusnawan serta tamu undangan lainnya.

Asep Supriatna dalam sambutannya sekaligus pembukaan acara secra resmi mengapresiasi jajaran Komite Ekraf Purwakarta yang menggelar event Purwa Rupa. “Dengan adanya event ini saya merasa bahagia, ternyata Purwakarta tidak kehilangan dan tidak kehabisan talenta, selalu tumbuh dan tumbuh lagi generasi kreatif di Purwakarta,”

Sementara itu, informasi bagi masyarakat yang berminat untuk mengapresiasi dan mengoleksi karya seni yang dipamerkan dapat melakukan penawaran pada lelang karya melalui www.purwarupa.ekrafpurwakarta.com atau bisa langsung mengunjungi barcode-bid lelang karya yang bisa diakses pada situs Komite Ekraf Purwakarta. (RR-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

error: Klik Play Streaming
%d blogger menyukai ini: