Siap Berangkat, Calon Jemaah Haji Kloter 38 Dilepas Asisten Sekda 1 Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA – Asisten Sekda (Asda) 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rahmat Heriyansah, melepas calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 38 dengan total 360 orang yang terdiri dari 352 jemaah dan 8 petugas yang didampingi oleh Kepala Kementerian Agama, jajaran Forkopimda, dan Ketua MUI Kabupaten Purwakarta. Acara pelepasan tersebut berlangsung di Tajug Gede Cilodong, Kecamatan Bungursari, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Asda 1, Rahmat Heriyansah, mengatakan para calon jemaah haji yang mendapatkan kesempatan berangkat ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, sebab masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat, tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal, seperti yang terjadi pada kloter 15, kemarin.

“Ada dua jemaah yang batal berangkat karena setelah hasil pemeriksaan kesehatan, yang bersangkutan hamil. Sesuai dengan ketentuan, mereka tidak bisa diberangkatkan,” kata Rahmat.

Rahmat mengungkapkan bahwa calon jemaah haji yang berangkat sekarang mendapatkan kesempatan yang sangat membahagiakan. Oleh karena itu, kepada para calon jemaah haji diaharapkan dapat mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ibadah haji, baik secara fisik maupun mental, karena ibadah haji merupakan rukun Islam kelima dan berbeda dengan rukun Islam lainnya.

“Kepada calon jemaah haji diharapkan saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nanti, senantiasa menjadi jemaah haji yang teladan di mata internasional, memiliki kesadaran, tanggung jawab, dan integritas sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan, dan menghargai perbedaan satu sama lain,” ungkap Rahmat.

Menurut Rahmat, ibadah haji lebih menekankan syarat mampu, baik mampu secara fisik maupun materi. Banyak masyarakat muslim yang ingin berangkat dan memiliki materi yang cukup, tetapi belum ada keinginan. Selain itu, ada juga yang sudah mendaftar tetapi terkendala dengan berbagai macam hal.

Lebih lanjut, Rahmat menjelaskan bahwa pemerintah Purwakarta sejak tahun 2017 telah berupaya untuk melayani para tamu Allah dengan memfasilitasi penjemputan calon jemaah haji pada saat pemberangkatan, begitu pula dengan kepulangannya. Selama melaksanakan ibadah haji, jemaah tahun ini menggunakan kendaraan operasional Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang dikerahkan sebanyak 205 unit untuk menjemput ke masing-masing rumah para calon jemaah haji.

“Tentunya tidak lain dan tidak bukan karena hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dan tentu akan terus kami tingkatkan dari tahun ke tahun berikutnya,” jelas Rahmat.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Kepala Kementerian Agama, Hanif Hanafi, dalam sambutannya mengatakan bahwa keberangkatan calon jemaah haji kloter 38 adalah gabungan jemaah yang berjumlah sebanyak 440 orang yang terdiri dari calon jemaah haji asal Kabupaten Purwakarta sebanyak 352 orang, calon jemaah haji asal Kota Bekasi sebanyak 80 orang, ditambah  petugas sebanyak 8 orang. Tagline haji tahun 2024 ini adalah Haji Ramah Lansia, karena pada tahun ini jumlah lansia mencapai 23% dengan usia di atas 60 tahun sebanyak 104 orang.

“Khusus jemaah lansia akan diberikan kemudahan pada saat pemeriksaan oleh petugas imigrasi Arab Saudi dengan mendapatkan prioritas sistem respek, yang mana jemaah haji tidak harus melalui pemeriksaan paspor oleh imigrasi Arab Saudi,” kata Hanafi.

Hanafi mengungkapkan bahwa calon jemaah haji kloter 38 asal Kabupaten Purwakarta yang termuda berusia 21 tahun atas nama Kania Hardiyanti dari Kecamatan Purwakarta, sedangkan calon jemaah haji yang tertua berusia 88 tahun atas nama Amin Ahman asal Kecamatan Pondoksalam. Sesuai rencana, calon jemaah haji akan masuk dan diterima di Embarkasi Bekasi pada tanggal 28 Mei 2024 pukul 16.00 WIB. Selain itu, Hanafi berharap calon jemaah bisa saling menjaga kekompakan. Seraya berterimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta yang telah mendukung penuh penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun.

“Kepada jemaah, kami berharap untuk menjaga kekompakan dan kerjasama antara sesama jemaah dan antara sesama petugas dalam kloter 38, serta menjaga kesehatan terutama menjelang puncak ibadah haji saat wukuf di Arafah dan bermalam di Mina. Kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta yang telah mendukung penuh penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun dan juga telah membantu program-program Kementerian Agama,” tutup Hanafi. (LA-PRO 93.10 FM)

 

Tinggalkan Komentar

error: Klik Play Streaming
%d blogger menyukai ini: