Berita Purwakarta

Sosialisasi KEPKA Nomor 84/KEP/G3/2024 dan Jambore Institusi Masyarakat Pedesaan di Purwakarta

PURWAKARTA – Sebanyak 380 orang kader Keluarga Berencana (KB) se-Kabupaten Purwakarta menghadiri sosialisasi KEPKA Nomor 84/KEP/G3/2024 yang bertujuan memperkuat Institusi Masyarakat Pedesaan dalam program Bangga Kencana. Acara yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ini berlangsung di Cikao Park, Kecamatan Jatiluhur. Kamis, 27 Juni 2024.

Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, menekankan pentingnya kegiatan ini dalam menyamakan pemahaman dan persepsi untuk langkah bersama dalam memperbaiki kualitas keluarga di Purwakarta. “Seluruh keluarga di Kabupaten Purwakarta diharapkan mempunyai kesadaran tinggi terhadap masa depan keluarga dan anak-anaknya. Ini pekerjaan yang berat dan tidak bisa dilakukan sendiri,” ujar Benni.

Ia mengingatkan bahwa keluarga adalah unit terkecil namun memegang peranan utama dalam membentuk generasi berkualitas. “Keluarga berkualitas menjadi penentu kualitas pembangunan manusia dan budaya, sehingga mempengaruhi kualitas bangsa dan negara,” tambahnya.

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat, menjelaskan bahwa Jambore IMP ini melibatkan kader-kader KB yang berada di lini terdepan dalam melaksanakan program-program KB. “Kader IMP adalah kader yang melaksanakan pembinaan untuk akseptor baru, akseptor aktif, dan akseptor lestari. Perlu ada pengawasan dan pembinaan untuk memastikan mereka tidak drop out dari program KB,” kata Yayat.

Yayat juga menambahkan bahwa pertemuan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat kepada kader-kader di lapangan. Program Bangga Kencana, yang diinisiasi oleh BKKBN, berada di bawah koordinasi OPD KB di DPPKB dan berfokus pada pengendalian penduduk serta keluarga berencana.

Benni Irwan mengajak semua pihak untuk menjaga kebersamaan dalam upaya memperbaiki kualitas keluarga di Purwakarta. “Kita harus melakukannya secara bersama-sama dengan berbagai pihak termasuk dengan lembaga-lembaga yang peduli terhadap keluarga,” ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa keluarga merupakan tempat pertama bagi seorang anak untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, perhatian terhadap keluarga sangat penting dalam membentuk generasi yang kuat dan terhormat, yang akan menjadi dasar bagi bangsa dan negara yang berkualitas.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kader-kader KB di Kabupaten Purwakarta dapat bekerja lebih efektif dalam mendukung program Bangga Kencana, sehingga kualitas hidup dan masa depan keluarga di daerah ini dapat terus ditingkatkan. (YT-PRO 93.10 FM)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: