Penanganan Jembatan Citamiang Dinas PUTR Turunkan Tim Kelapangan

PURWAKARTA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia mengatakan, ambruknya Jembatan Citamiang lokasinya berada di Desa Cikumpay Kecamatan Campaka, berbatasan dengan Kampung Tegalmanyar-Jatimulya Cibungur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Dinas sudah menugaskan tim dari bidang terkait untuk kroscek ke lapangan guna menganalisa sebab-sebab ambruknya jembatan tersebut.

“Kami masih menunggu laporan dari tim yang sekarang masih di lapangan,” Kata¬† Ryan.

Ryan menjelaskan, dari informasi yang ia terima Jembatan Citamiang ini dibangun dikisaran tahun 2001 lalu dan bukan dibangun oleh pemerintah. Namun, untuk memastikan kebenarannya, saat ini pihaknya sedang mencari informasi ke pejabat yang lama ataupun mencari data-data terkait jembatan tersebut.

Terkait penanganan untuk Jembatan Citamiang ini, lanjut dia, pihaknya akan segera merumuskan langkah-langkah cepat supaya mobilitas warga tidak terganggu. Namun, sebelumnya diperlukan penelitian guna mengukur karakteristik tanah di sekitar jembatan tersebut.

Sebenarnya, kata dia, tahun ini memang sudah direncanakan untuk membangun ulang jembatan tersebut. Namun soal anggaranya masih dalam penghitungan.

“kita kan belum tahu, nanti kita harus berdasarkan pada hasil data perencanaannya nanti disitu bisa terlihat berapa besaran anggaran yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk membangun kembali jembatan permanen,” tambah dia.

Untuk sementara, kata dia, mungkin langkah-langkah yang akan diambil itu pertama lebih ke mengkaji terlebih dahulu karakter tanahnya.

Nanti, hasil analisa tim lapangan mungkin akan kita jadikan bahan kajian supaya langkah-langkahnya tepat dan akses itu dapat kembali berfungsi,” pungkasnya. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Klik Play Streaming
%d blogger menyukai ini: