Purwakarta Berhasil Jaring Puluhan Ribu Wisatawan Selama Libur Lebaran Kurban

PURWAKARTA – Puluhan ribu wisatawan berhasil dijaring untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta selama masa libur Lebaran Kurban.

Keberhasilan itu membuktikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mampu memanfaatkan berbagai peluang untuk terus bisa mendatangkan para wisatawan ke kabupaten yang sangat terkenal sebagai penghasil komuditas buah Manggis Wanayasa yang mendunia.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, kunjungan puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah itu merupakan bukti jika berbagai destinasi wisata Purwakarta memang memiliki pesona daya tarik yang tinggi.

“Meski peluangnya tidak sebesar liburan lebaran Hari Raya Idul Fitri, namun libur Lebaran Kurban tetap harus dipandang sebagai peluang yang harus bisa kita manfaatkan dengan baik. Melalui keberhasilan menjaring puluhan ribu wisatawan selama masa libur Lebaran Kurban, itu membuktikan Purwakarta mampu menangkap berbagai peluang dengan baik,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Jumat, 14 Juli 2023.

Data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, sebanyak  44.113 wisatawan tercatat berkunjung ke Purwakarta  selama masa libur Lebaran Kurban, antara 28 Juni – 2 Juli 2023.

Para wisatawan itu mengunjungi sedikitnya 37 berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta yang meliputi wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya.

Meski belum ada angka resmi yang disampaikan Pemkab Purwakarta, namun bisa dipastikan kunjungan puluhan ribu wisatawan itu  bisa menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar.

Jika satu wisatawan membelanjakan Rp. 100 ribu – Rp 200 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta,  maka bisa diperoleh penerimaan antara Rp 4,411 milyar hingga Rp 8,822 milyar.

Jumlah itu merupakan angka  yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha  sektor pariwisata di Purwakarta.

“Berapa jumlah persis dari kunjungan  para wisatawan selama Lebaran Kurban itu tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.

Destinasi Wisata Favorit

Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan menjelaskan, tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty dengan jumlah mencapai 12.184 wisatawan.

Diikuti destinasi wisata Taman Batu Cijanun dengan jumlah 3.847 wisatawan dan destinasi wisata Cikao Park dengan jumlah 3.404 wisatawan.

“Untuk kedepan kita ingin semua destinasi wisata di Purwakarta juga semakin meningkat kunjungan wisatawannya. Kita akan terus benahi sehingga semua destinasi wisata menjadi tujuan favorit para wisatawan yang datang dari berbagai daerah,” ujar Ramdhan.

Menurut Ramdhan, tingginya kunjungan wisatawan ke Purwakata selama libur Lebaran Kurban tak lepas dari langkah Bupati Anne Ratna Mustika yang memberikan perhatian serius untuk ikut mempromosikan keindahan dan daya tarik berbagai destinasi wisata.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu fokus utama Ibu Bupati, karena sektor pariwisata bersentuhan langsung dengan para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. Jika wisatawan membludak, ekonomi juga akan berputar disana, dan itu berdampak positif bagi perekonomian daerah,” ujar Mochamad Ramdhan. (Diskominfo Purwakarta)

Tinggalkan Komentar

error: Klik Play Streaming
%d blogger menyukai ini: